Keindahan Pantai Pink Pulau Komodo Membuat Decak Kagum

pantai pink pulau komodoGambar: phinemo.com
Berbaring dan bersantai di bawah sinar matahari di pantai tentunya menjadi sweet escape setelah berbulan-bulan bekerja, apalagi setelah masa pandemi. Jika menurut kamu warna pasir pantai yang putih atau abu-abu sudah terlalu biasa, coba rencanakan traveling kamu ke Pantai Pink (Pink Beach) Pulau Komodo!

{tocify} $title={Daftar Isi}

Tentang Pink Beach Pulau Komodo

Pantai berwarna merah muda termasuk bentang alam yang langka sebab hanya ada 10 di seluruh dunia. Dan salah satunya adalah Pink Beach yang ada di Pulau Komodo (setelah Tangsi Beach di Lombok dan Pantai Long di Padar).

Maka dari itu, bisa mengunjungi Pink Beach ini bisa menjadi salah satu momen yang mewah dan langka dalam hidup. Warna merah muda pada pasir pantai ini merupakan hasil karya alam, yaitu dari organisme kecil bersel tunggal yang disebut Foraminifera.

Organisme ini sebenarnya berwarna merah dan tumbuh di bawah terumbu karang. Ketika foraminifera mati, ia akan tersapu ombak dan terdampar di bibir pantai dan lama-kelamaan hancur dan bercampur dengan pasir putih. Unik, ya?

Lokasi Pantai Pink dan Cara Menuju ke Sana

Pantai Pink terletak di Taman Nasional Komodo (TNK) Indonesia. TNK sendiri terletak di Nusa Tenggara Timur, Flores. Untuk menuju Pink Beach di Pulau Komodo, kamu harus terlebih dahulu mencapai Labuan Bajo. Labuan Bajo memiliki bandara kecil yang melayani penerbangan domestik dari Bali dan beberapa kota besar di Indonesia.

Setelah tiba di Labuan Bajo, pergilah ke Pelabuhan Tanjung Benoa, lalu naik kapal dermaga Loh Liang. Dari dermaga, naiklah perahu (Rp30.000,00 – Rp40.000,00 per orang untuk sekali jalan) ke Pulau Komodo. Perjalanan tersebut dapat memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung pada cuaca dan kondisi laut.

Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menyewa private boat atau speedboat (Rp800.000,00 – Rp900.000,00 per perjalanan) dari Labuan Bajo. Waktu tempuh biasanya hanya sekitar 1 jam, tetapi biayanya lebih mahal dibandingkan dengan menggunakan perahu.

Setelah tiba di Pulau Komodo, kamu perlu berjalan kaki atau naik perahu ke Pink Beach yang terletak di sisi timur Pulau Komodo. Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 30 – 45 menit.

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai Pink

Sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di tanah air, ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di Pink Beach, seperti:

1. Berjemur

Nikmati pengalaman berjemur yang berbeda di Pink Beach Pulau Komodo. Membiarkan air dengan lembut membasahi jari-jari kaki kamu dan menikmati kemegahan pasir merah muda yang unik ini.

2. Snorkeling

Tahukah kamu bahwa Pink Beach sebenarnya adalah salah satu tempat snorkeling terbaik di Taman Nasional Komodo? Pantainya dipenuhi dengan terumbu karang, termasuk karang lunak dan keras serta banyak kehidupan laut, salah satunya ikan nemo yang lucu.

Untuk mendapatkan pemandangan bawah laut yang lebih epik, cobalah berenang 150 meter lebih jauh dari bibir pantai. Di situ, terdapat lereng karang yang curam dengan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa. Ada banyak sekali spesies karang yang maupun spesies ikan, pari, dan penyu laut di taman bawah laut yang menakjubkan ini.

3. Viewpoint Pantai Pink

Setelah menikmati pemandangan bawah laut yang eksotis, coba kembalilah ke pantai dan ambil trekking menuju viewpoint Pink Beach, yaitu berupa bukit-bukit landai di kedua ujung pantai. Titik ini menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk mengabadikan panorama Pink Beach dari sudut pandang yang lebih indah.

4. Berkemah

Tidak ada cara yang lebih baik untuk merasakan keindahan alam Pink Beach selain dengan berkemah di bawah bintang-bintang. Ada beberapa perkemahan berbeda untuk dipilih, masing-masing dengan fasilitas uniknya sendiri. Jika kamu tertarik, pastikan untuk memesan tempat terlebih dahulu, ya.

Tiket Masuk

Mulai tahun 2021 lalu, biaya masuk untuk mengunjungi Pink Beach ditiadakan alias gratis. Namun karena Pink Beach berada di kawasan Taman Nasional Komodo, kamu akan dikenakan tiket masuknya.

Rencananya mulai tanggal 1 Januari 2023 kemarin, tarif masuk TNK adalah sebesar Rp3.750.000,00 per orang. Akan tetapi karena menuai banyak protes dari pelaku wisata Labuan Bajo, peraturan tersebut akhirnya dibatalkan.

Dan melansir dari CNN Indonesia, saat ini harga tiket masuk TNK masih mengacu pada PP No. 12 Tahun 2004, yaitu antara Rp150.000,00 ($10 USD) dan Rp250.000,00 ($18 USD), tergantung apakah kamu berkunjung selama hari kerja, Minggu, atau hari libur lokal.

Biaya tersebut sudah termasuk tur sehari Labuan Bajo sehingga kamu tidak hanya akan mampir ke Pink Beach, tetapi juga objek wisata menakjubkan lainnya seperti Pulau Padar, Manta Point, Pulau Kalong, dan banyak lagi.

Nah, sudah siapkah kamu merasakan pengalaman healing yang unik dan memorable di Pantai Pink Pulau Komodo? Jika iya, semoga informasi di atas bisa jadi panduan liburan kamu selama di Pink Beach, ya.

Post a Comment

Previous Post Next Post