Pulau Sipadan Malaysia: Surganya Diving Dunia!

Pulau Sipadan Malaysia: Surganya Diving Dunia!Gambar: iloveborneo.my
Buat kamu para scuba divers, sudahkah kamu mencoba pengalaman menyelam di Pulau Sipadan Malaysia? Pulau ini dikenal sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di dunia karena terkenal akan keindahan terumbu karangnya yang spektakuler dan keanekaragaman hayati lautnya yang luar biasa.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Di pulau ini, ada banyak sekali spesies ikan tropis, hiu, penyu, dan terumbu karang yang memukau. Selain itu, kamu juga bisa mendapat kesempatan langka untuk menyapa beberapa spesies binatang laut yang langka dan eksotis seperti ikan bumphead parrotfish, ikan katak, ikan daun, dan gurita raksasa.

Sekilas Tentang Pulau Sipadan

Kepopuleran Sipadan Island makin melambung setelah film dokumenter Jacque Cousteau berjudul “Ghost of the Sea Turtle” yang diupload di channel YouTube-nya pada tahun 2017 lalu. Pulau ini memang telah menjadi salah satu tujuan menyelam paling populer bagi banyak penyelam.

Terletak di lepas pantai timur laut Sabah di Laut Sulawesi, pulau ini menjadi salah satu habitat laut terkaya dengan lebih dari 3.000 spesies ikan di dunia setelah Kepulauan Galapagos. Pulau ini banyak dipilih sebagai tempat menyelam paling favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Keunikan Sipadan Island adalah drop-off kurang lebih 600 m atau 2.000 kaki hanya berjarak 9 m atau 30 kaki dari bibir pantai, layaknya tembok yang tiba-tiba jatuh ke kedalaman yang tak berdasar. Saat menyelam, kamu bisa melihat kelompok penyu hijau dan penyu sisik berenang anggun di habitat aslinya.

Spot Menyelam Terbaik di Pulau Sipadan

Ada banyak spot menyelam yang bagus di pulau ini sehingga tidak jarang membuat wisatawan sulit untuk memilih. Jika kamu mengalami hal yang sama, kamu bisa lihat daftar berikut:

1. Barracuda Point

Seperti namanya, titik penyelaman Sipadan ini terkenal dengan kumpulan barakuda yang berenang secara berkelompok. Bayangkan saja kamu dikelilingi ikan barakuda yang berenang membentuk barikade yang epik!

Selain barakuda, kamu juga berkesempatan untuk berjumpa dengan beberapa spesies ikan yang lain, sebut saja sea squirt, nudibranch, cacing pipih, ikan pari, belut moray, sotong, buntal, flounder, green turtles, dan garden eels. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan hiu whitetip Reef melintas.

2. Turtle Cavern

Selain Barracuda Point, jangan lewatkan juga untuk merasakan pengalaman scuba diving di Turtle Cavern, terutama jika kamu merupakan penyelam berpengalaman. Di kedalaman sekitar 18 meter kamu akan menjumpai terowongan yang menyerupai gua.

Gua ini menghubungkan Turtle Cavern dengan spot menyelam terkenal lainnya di Pulau Sipadan yang namanya Turtle Tomb (Makam Penyu). Situs menyelam ini memiliki cerita yang tidak biasa di baliknya. Diyakini bahwa ini adalah tempat kura-kura mati dan memang kamu akan menemukan kerangka kura-kura di dasar laut.

3. South Point

Spot menyelam yang satu ini juga diperuntukkan bagi scuba divers berpengalaman lantaran arus lautnya yang cukup kuat. Menyelamlah hingga ke kedalaman 40 meter dan kamu bisa menyapa spesies langka seperti hiu martil dan hiu thresher.

Selain itu, kamu juga bisa melihat hiu karang whitetip, bannerfish, belut moray, dan berbagai karang keras di kedalaman sekitar 20 meter.

4. Coral Gardens

Sesuai namanya, ini adalah satu spot menyelam terfavorit di Pulau Sipadan yang dipenuhi beraneka ragam jenis terumbu karang berwarna-warni layaknya taman di bawah laut. Mulai dari soft coral, big boulder coral, giant leathery coral, dan staghorn coral bisa kamu temukan di sini.

Bersamaan dengan kekayaan terumbu karangnya, jenis ikan karang yang lucu dan colorful bisa kamu jumpai juga tidak kalah banyak. Ada damselfish, jacks, parrotfish, soldierfish, squirrelfish, anthias kecil, fire gobies, chromis, dan masih banyak lagi. Kedalamannya mulai dari 10 – 23 meter, jadi relatif aman untuk penyelam pemula.

5. Hanging Gardens

Berbagai macam terumbu karang dari berbagai jenis dan ukuran membentuk dinding di bawah laut, menjadikannya unik serasa taman bawah laut vertikal. Kedalamannya adalah sekitar 5 – 40 meter. Di sini, kamu bisa melihat berbagai spesies seperti ikan-ikan karang, penyu, hiu martil dan hiu perontok (jika beruntung).

6. Lobster Lair

Lagi-lagi dari namanya saja sudah bisa tertebak, ya kalau spot menyelam di Pulau Sipadan ini terkenal lantaran didominasi oleh kumpulan lobster yang hidup di lubang atau celah terumbu karang. Spot menyelam ini recommended buat kamu yang ingin melihat makhluk kecil seperti kuda laut, ikan daun, ikan kodok, dan ikan pipa.

Kemungkinan besar kamu juga akan menemukan hiu karang berwarna biru, ikan kerapu, triggerfish, dan pari manta (jika beruntung).

Wah, ternyata cukup banyak juga spot menyelam yang bisa dipilih di Pulau Sipadan ya. Jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang kepincut dengan panorama bawah lautnya sampai-sampai pulau ini disebut sebagai surganya diving.

Post a Comment

Previous Post Next Post