5 Rekomendasi Wisata Pantai di Jogja Terbaik untuk Wisatawan

pantai di Jogja
WANGRITAM.com | Apa saja wisata pantai di Jogja terbaik dan direkomendasikan untuk dikunjungi? Kamu semua harus mengetahui informasinya karena sangat menarik. Apalagi nanti kamu benar-benar mengunjungi semua pantainya satu per satu saat liburan.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Dijamin seru dan mengasyikkan karena semua pantainya menyajikan pemandangan laut yang tidak membosankan. Selain itu, kamu bersama keluarga tercinta dan orang terdekat bisa bersenang-senang sepuasnya di pantai seperti yang diinginkan.

Deretan pantai di sepanjang wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memang menjadi salah satu daya tarik bagi banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Ada cukup banyak pantai dengan nama berbeda, tetapi ada beberapa diantaranya yang direkomendasikan.

5 Pantai di Jogja Terbaik

Dari banyak nama pantai di DIY, mungkin hanya beberapa diantaranya yang bisa dikatakan terbaik dan sangat layak dikunjungi oleh para wisatawan. Hal itu dikarenakan bukan hanya dari segi pemandangan alamnya saja yang memukau setiap orang.

Namun, ada faktor pendukung lainnya yang juga ikut menjadikan objek wisata pantai tersebut semakin berkualitas bagus. Misalnya, pengelolaan tempat wisatanya, kebersihan lingkungan, fasilitas untuk wisatawan, wahana permainan, tempat makan, dan yang lainnya.

Lalu, wisata pantai di Jogja mana saja yang direkomendasikan untuk dikunjungi? Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan kamu baca informasi berikut.

1. Pantai Baron

Salah satu pantai di Jogja yang sudah dikelola secara profesional melibatkan masyarakat sekitar. Kamu bisa mengunjungi pantainya setiap waktu karena dibuka 24 jam. Namun demikian, setiap pengunjung harus tetap mematuhi aturan yang sudah ditetapkan.

Pantai Baron mempunyai keistimewaan tersendiri karena memiliki teluk air tawar di dekat pantainya. Jadi, airnya benar-benar tawar, jernih, dan bersih. Kamu bisa berenang di situ sepuasnya, tetapi jangan sampai mengotorinya.

Untuk bisa masuk ke Pantai Baron, kamu harus membayar tiket masuk Rp 10 ribu per orang. Ditambah retribusi parkir Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

2. Pantai Kukup

Selanjutnya, wisata pantai di Jogja yang satu ini juga jangan sampai kau lewatkan saat berlibur ke DIY. Namanya Pantai Kukup dengan hamparan pasir putih yang sangat memanjakan mata pemandangannya.

Oleh karenanya, banyak wisatawan domestik dan mancanegara mengunjunginya. Kamu bisa sekadar duduk atau berbaring santai menikmati pemandangan pantainya. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling untuk melihat lautnya lebih dekat.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelolanya juga cukup lengkap. Kamu yang ingin masuk ke lokasi Pantai Kukup harus membayar tiket Rp 10 ribu per orang. Selain itu, ada retribusi parkir sepeda motor Rp 2 ribu, mobil Rp 5 ribu, dan bus Rp 20 ribu.

3. Pantai Krakal

Masih ada nama Pantai Krakal yang juga direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Salah satu wisata pantai di Jogja ini berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Pemandangan pantainya tidak hanya didominasi air laut dan pasir putih saja. Namun, lokasi pantainya berbatasan dengan tebing-tebing tinggi yang menjadikan pemandangannya semakin eksotis. Kamu juga bisa bermain snorkeling atau surfing dengan menyewa alatnya.

Untuk biaya tiket masuknya, kamu harus membayar Rp 10 ribu per orang. Sementara retribusi parkirnya, cukup membayar Rp 3 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

4. Pantai Parangtritis

Belum lengkap rasanya berlibur ke Jogja, tetapi tanpa mengunjungi Pantai Parangtritis. Oleh karenanya, wisata pantai di Jogja tersebut juga menjadi rekomendasi terbaik untuk kamu sekalian.

Berlokasi di Desa Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, DIY. Meskipun pasir pantainya tidak putih, tetapi pemandangan alamnya sangat memukau. Selain itu, banyak fasilitas disediakan oleh pengelolanya untuk para wisatawan.

Pada akhir pekan apalagi musim liburan dipastikan Pantai Parangtritis sangat ramai dikunjungi wisatawan. Kamu tetap harus menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan indah.

5. Pantai Slili

Meskipun luasnya kecil, tetapi wisata pantai di Jogja yang satu ini juga direkomendasikan untuk dikunjungi. Hal itu dikarenakan pemandangannya yang bagus dan tidak dimiliki pantai-pantai lainnya di Jogja.

Berlokasi di Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, kamu bukan hanya bisa bersantai sambil menikmati pemandangan alamnya. Namun, eksotisme karang-karang di sekitar pantainya juga menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Sekarang, kamu sudah mengetahui rekomendasi wisata pantai terbaik di DIY. Dijamin memuaskanmu saat liburan di Jogja. Jangan lupa mengajak keluarga tercinta dan orang terdekat saat mengunjungi wisata pantai di Jogja.

Post a Comment

Previous Post Next Post