Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Padang Untuk Liburan Anda

Tempat Wisata di PadangGambar: https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com/uploads/2018/04/wisata-padang.jpg
Tempat wisata di Padang | Menikmati ragam keindahan tempat wisata yang ada di Tanah Air Indonesia kita tercinta ini memang tidak ada habisnya, karena ada begitu banyak yang tersebar disetiap daerah.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Destinasi wisata dari masing-masing daerah memiliki keunikannya sendiri. Baik itu dari lokasi, kuliner, suku, kebudayaan, sampai kebiasaan masyarakatnya sangat beragam. Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata di Padang berikut beberapa diantaranya yang bisa dijadikan opsi pilihan.

Daftar 15 Tempat Wisata di Padang

1. Jembatan Siti Nurbaya

Untuk sebagian orang mungkin nama Siti Nurbaya sudah tidak asing lagi di telinga? Kisahnya yang begitu terkenal sudah menyebar sehingga membuat namanya dikenang sebagai sebuah jembatan.

Kamu juga tidak harus khawatir akan biaya, karena di tempat wisata di Padang ini hanya perlu menyiapkan dana untuk menikmati kulinernya saja. Setiap malam hari, banyak penjaja makanan yang menjual ragam kuliner.

2. Danau Cimpago

Buat kamu yang sedang mencari destinasi keluarga yang seru, Danau Cimpago bisa menjadi salah satu pilihannya. Danau dengan luas 2 hektare ini mulanya dipakai untuk saluran drainase pengendali banjir.

Meski begitu, lewat penataan tempat wisata di Padang yang diubah membuat Danau Cimpago menjadi lebih menarik dikunjungi sebagai destinasi wisata keluarga. Saat hari libur tiba, banyak wisatawan yang mengisi waktu luangnya di sini.

Baik itu pengunjung yang berasal dari penduduk lokal ataupun dari luar daerah. Tidak hanya menikmati keindahan danaunya, wisatawan juga dapat mencoba berbagai fasilitas wahana seperti sepeda bebek, perahu, dan lain-lain.

3. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan menjadi salah satu lokasi wisata bagi kamu yang ingin mencari angin segar dan bau lautan alami. Hamparan pulaunya begitu memukau dengan dikelilingi oleh perairan jernih.

Walaupun destinasi tempat wisata di Padang Pulau Pamutusan ini hanya berupa pulau kecil saja. Namun, menawarkan pesona keindahan yang memang menarik untuk dikunjungi oleh para pelancong, kamu juga dapat menikmati snorkeling di sini.

Sehingga, kamu bisa menikmati wilayah keindahan bawah laut dengan terumbu karangnya. Dijamin, tidak akan rugi untuk menikmati destinasi wisata tersebut, belum lagi keindahan keanekaragaman biota lautnya sangat beragam juga indah.

4. Pantai Pasir Jambak

Tempat wisata di Padang yang tak kalah indah ialah Pantai Pasir Jambak. Lokasinya di Tabing, dan cocok sekali didatangi ketika akhir pekan tiba. Dari kota Padang, hanya berjarak 20 km.

Di sana terdapat fasilitas seperti gazebo, sewa perahu, homestay, rumah makan, sampai area parkir jika pengunjung membawa kendaraan. Nah, akses masuknya hanya dibiayai Rp 2.000 per orang, sangat terjangkau.

Akan tetapi, kalau kamu membawa kendaraan, maka hanya dikenai biaya untuk tambahan parkir saja. Menikmati sunset di sore hari ditemani dengan es kelapa segar tentu semakin nikmat.

5. Pantai Nirwana

Ingin menghilang sementara dari hiruk pikuk kota? Ya, pantai adalah gambaran tepat untuk menjawabnya. Pantai Nirwana memiliki batu karang juga koral yang ada di sepanjang pantai.

Tidak lupa juga dengan deretan pohon kelapa dilengkapi warna birunya laut, serta pasir berwarna putih. Jam operasional pantai ini dibuka setiap hari mulai Senin-Minggu dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Kamu cukup membayar tiket masuk pantai seharga Rp 5.000 dan kamu bisa menikmati fasilitasnya. Fasilitas itu di antaranya kamar mandi, kafetaria, area bermain anak kecil, sewa perahu, dan gazebo.

6. Goa Sayur Matinggi

Padang Sidempuan mempunyai gua yang dikenal sebagai ‘gua perawan’ karena tidak banyak dikunjungi oleh wisatawan. Gua ini sebenarnya berpotensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata dan menarik banyak pengunjung.

Goa Sayur Matinggi ini mempunyai tinggi 8 meter dan lebar 9 meter. Dengan adanya batuan stalaktit di dalam gua yang tampak warna-warni serta memperlihatkan keindahannya.

Namun harus bisa menempuh waktu kurang lebih sekitar 2 jam dari simpang ruas Lintas Sumatra Padang Sidempuan sampai di Sumatra Barat. Goa ini sebenarnya berada di Kawasan Aek Badak Jae, tepatnya Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan namun masih berada di Padang.

Goa Sayur Matinggi ini diketahui masih mempunyai akses yang tertutup dibandingkan dengan tempat lainnya. Jadi bagi para pengunjung yang ingin ke tempat ini harus bertanya pada warga sekitar untuk bisa sampai ke gua ini. Harga:- Lokasi: Aek Badak Jae, Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan

7. Air Terjun Silima-Lima

Air terjun ini sangat terkenal di Padang Sidempuan sebagai salah satu tempat wisata di Padang. Hanya perlu menempuh waktu sekitar 1 jam dari pusat kota untuk sampai di air terjun ini.

Setelah itu, harus berjalan kaki melewati perkebunan karet, namun perlu berhati-hati. Hal ini karena akan melalui turunan dengan jurang dalam di kiri dan kanan.

Setelah menempuh perjalanan panjang dan melelahkan, nantinya akan disuguhkan air terjun yang indah. Mempunyai ketinggian sekitar 80 meter, Air Terjun Silima-Lima berada di antara dua gunung.

Harga: -
Lokasi: Maju Mambe, Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan,

8. Sipenggeng Rock

Tempat wisata di Padang ini mempunyai pesona yang indah dan menjadi daya tarik tempat ini. Tempat ini diapit dengan batu, memungkinkan untuk berfoto di pinggir sungai yang mengalir deras.
Harga tiket: Rp10.000
Lokasi: kota Padang Sidempuan

9. Air Terjun Sarasah

Sarasah mempunyai arti sebagai air terjun, sedangkan Barasok artinya berasap. Wisata Air Terjun Sarasah ini terlihat seperti asap yang mengepul jika dilihat dari kejauhan.

Hal ini karena debit aliran air yang mengucur sangat keras dan tingginya 20 meter. Air Terjun ini berada di daerah Banja Loweh, menawarkan banyak pesona alam.

Jadi dapat dikatakan, tempat wisata di Padang ini cocok bagi kamu yang suka wisata petualangan. Hal ini karena, untuk bisa menuju ke lokasi air terjun harus menempuh perjalanan dengan medan yang terjal.

Harga Tiket: Rp 3.000
Lokasi: Kec. Pauh, Kota Padang, Jl. Koto Baru, Indarung, Sumatra Barat.

10. Pantai Padang

Bagi orang minang, Pantai Padang dikenal sebagai TapLau. TapLau ini merupakan salah satu pantai yang berada di Padang dengan hamparan pasir putih indah dan aneka bunga cantik.

Tempat wisata di Padang ini letaknya berdekatan dengan Ramayana Plaza Andalas, Pasar Raya Padang, serta Jembatan Siti Nurbaya. Di area pantai, para pengunjung lebih mudah menikmati lezatnya kuliner seafood yang diolah dengan tambahan rempah khas Padang.

Kepopuleran Pantai Padang ini telah menyebar sampai ke seluruh negeri. Jadi bila kamu berkunjung ke Padang, maka Pantai Padang tidak boleh dilewatkan. Harga Tiket: Rp 5.000
Lokasi: Kec. Padang Bar, Kota Padang, Purus Sumatra Barat.

11. Museum Adityawarman

Museum adityawarman adalah museum budaya, menjaga artefak sejarah seperti peninggalan budaya suku setempat. Terletak di kota Padang, provinsi sumatera barat.

Salah satu koleksi tempat liburan di Padang yang menjadi bagian dari warisan budaya negara adalah bangunan berarsitektur minang yang disebut rumah bajogong atau banjuang.

Koleksi utama museum adityawarman adalah geologi atau geografi, biologi, sejarah, etnografi, kesenian seperti pakaian adat dari berbagai suku, arkeologi dan teknologi.

Koleksi lainnya adalah artefak kuno dharmasraya, yaitu salinan arca bhairawa dan arca amogaphasa. Ada juga koleksi dari gempa bumi raksasa pulau mentawai yang menewaskan banyak penduduk sekitar tahun 1999. Beralamat di jalan. Diponegoro no.10, belakang barak, dist. Padang barat.

Museum ini buka setiap selasa s/d jumat 07:30-15:00 sedangkan senin, sabtu, minggu tutup Tiket masuk dewasa Rp. 5000 anak-anak Rp. 3000

12. Pulau Sirandah

Tempat liburan di Padang Pulau Sirandah merupakan bagian Kota Padang diKecamatan Bungus. Jarak tempuh harian kekota sekitar 1 jam dengan mobil menyusuri jalur baru ke kawasan wisata Mandeh sekitar 25 menit dengan speedboat dari dermaga Sungai Pisang atau dermaga Bungus Padang.

Wisatawan dimanjakan dengan keindahannya yang mungil dan eksotis. pulau didukung oleh wisata bawah laut. Aktivitas liburan bahari di Pulau Sirandah paling pas dilakukan alam bawah lautnya contohnya diving, snorkeling dan Selvie Under Water, jamin para pecinta liburan alam tidak akan menyesal.

Saat ini ATV sudah bisa digunakan untuk berkeliling Pantai Sirandah dan harga sewa ATV Rp50.000 dalam 30 menit. Beberapa cottage dengan 3 tipe kabin, yaitu 9 kabin warna-warni, 9 kabin kayu, 6 AC, 3 non AC, 2 kabin dibangun untuk membantu wisatawan yang menginap di Pulau Sirandah.

Kamar berkemah dengan 10 akomodasi. Selain itu, ada juga paket camping dan perkemahan khusus (camping site) bagi para pendaki yang ingin berkemah.

13. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan salah satu tempat wisata kamulan Padang yang terkenal dengan legenda batu Malin Kundang. Tiket masuk ke pantai ini sendiri hanya Rp 10.000 untuk dewasa, Rp 5.000 untuk anak-anak dan Rp 5.000 untuk parkir.

Tempat wisata pemandangan pantai dan laut ini menjadi primadona untuk dikunjungi saat liburan lebaran oleh wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, pihak pantai mendirikan tempat penampungan dengan partisipasi polisi dan komunitas bhabinkamtibmas.

Dan juga menyiapkan coast guard untuk mencegah insiden atau bencana saat pengunjung bertamasya. Setiap posko ada tiga orang, sehingga tidak perlu antrean panjang bagi pengunjung, ini bagian dari upaya mempermudah.

Pantai ini terdapat di balik gunung Padang pada Kel. Air Manis, Kec.Padang Selatan, Kota Padang. Di sini menyewakan atv dengan tarif Rp. 100.000/jam.

14. Pulau Sikuai

Tempat liburan di Padang Pulau Sikuai merupakan sebuah pulau di Sumatra Barat yang terletak di kawasan Teluk Kabung Bungu. Dengan luas sekitar 44,4 ha.

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati keindahan laut dengan snorkling, berenang, hiking, diving, atau hanya sekedar berjalan-jalan di sepanjang pantai melihat pemandangan.

Sewa perahu nelayan untuk mencapai Pulau Sikuai tidak terlalu mahal, dengan mengeluarkan uang sekitar 600 ribu rupiah.

Untuk wisatawan pengguna jasa tour, dapat menyewa speedboat, dengan biaya yang lebih mahal daripada perahu, keuntungannya kamu tidak akan ribet dan lebih cepat sampai.

Bagi pengunjung Pulau Sikuai tidak ada biaya masuk atau gratis. Banyak kegiatan Menarik di Pulau Sikuai yang bisa dilakukan seperti Fotografi Alam, Menjelajahi Pulau, Menanam Terumbu Karang, Snorkeling, serta Melihat Gunung.

Bahkan Ada beberapa tempat menginap di sekitar pulau, seperti Losemen Carlos, Hotel Bumi Minang, lalu New Sikuai Island Resort.

15. Gua Batu Kapal

Tempat ke5 paling wajib dicoba bersama teman-teman yaitu gua seperti batu karang ini. Gua batu kapali berwarna keputihan dan tingginya sekitar 80 meter.

Disarankan ke tempat liburan di Padang untuk menggunakan jasa pemandu. Karena memang banyak lorong di dalam goa. Kamu dapat menemukan banyak kelelawar dan pipa. Dinding atas goa memiliki area tempat sarang burung walet dan kelelawar

Yang unik dari tempat ini adalah bentuk goa yang menyerupai kabin kapal. Tiket masuk tempat liburan yang ada di Padang ini relatif murah yaitu hanya 5000 rupiah. Dengan demikian, kamu akan puas saat menjelajahi kawasan hutan dan berfoto di dalam goa.

Disediakan toilet umum serta booth atau stan kecil didepan pintu masuk objek wisata. Gua batu kapali terletak di nagari sungai kunyit barat, sangir balai janggo, solok selatan, sumatera barat.

Itulah beberapa tempat wisata di Padang yang dapat kami sampaikan, semoga dapat menjadi opsi untuk kamu kunjungi saat berada di kota Padang.Dan jangan lupa juga untuk mencicipi ragam kuliner khas Padang serta mendatangi ikonik bersejarahnya ya...

Post a Comment

Previous Post Next Post