Tempat Menikmati Sunrise di Candi Borobudur, Yogyakarta!

Gambar: riausky.com
Wangritam.com | Berbicara tentang candi borobudur seolah tak ada habisnya. Kemegahan candi budha terbesar di dunia ini menyimpan banyak cerita untuk digali. Namun tak hanya cerita atas sejarah candi ini keindahan alamnya juga memikat hati pengunjung. Salah satu yang menjadi primadona setiap wisatawan adalah bisa menikmati keindhan sunrise disini.
{tocify} $title={Daftar Isi}

Tempat Menikmati Sunrise di Candi Borobudur

Ada beberapa tempat yang bisa dimanfaatkan untuk memilihat keindahan sunrise di candi Borobudur. Apa saja? Berikut admin ulas 3 antaranya:

Sunrise di Puthuk Setumbu

Jarak antara bukit puthuk setumpu tidaklah terlalu jauh dari borobudur dan maaih dalam aatu kawasan. Pelancong yang berdatangan untuk berwisata banyak juga yang memilih untuk melihat sunrise disini. Lokasi puthuk setumbu berada di daerah Kurangan, Karangan, Magelang. Jalan ini juga merupakan jalan untuk menuju lokasi wisata borobudur.

Tentu saja jalanan yang dilewati sudah cukup nyaman. Semua kendaraan bisa melewati medan dengan mudah tapi walau begitu perlu kehati-hatian dalam berkendara karena menanjak. Untuk tindakan preventif, para penduduk juga berjaga di tikungan curam dimaja banyak kendaraan kesulitan naik. Kendaraan pribadi seperti roda empat bisa masuk ke dalam lokasi wisata ini.

Melihat sunrise di lokasi ini mulai dilirik sejak film AADC 2 diluncurkan. Rangga dan cinta akhirnya bertemu lagi di bukit puthuj setumbu. Dengan pengambilan gambar yang ciamik, akhirnya banyak membuat penonton mulai melirik lokasi ini untuk berburu sunrise di sekitaran Borobudur.

Bukan tanpa sebab lokasi ini menyajikan sunrise yang sangat cantik. Dengan berlatar candi borobudur dan matahari yang terbit di belakangnya swafoto para wisatawan akan sangat mengagumkan. Semburat warna dari matahari terbit dan borobudur di depannya adalah pemandangan yang tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Bagi yang tertarik ingin kesini usahakan sudah berada di lokasi kurang dari jam 5 pagi. Lokasi terbaik untuk berfoto biasanya masih longgar dibandingkan jika datang mepet waktu sunrise. Lokasi paling oke berada di dekat tebing yang sudah diberi pengaman dan dikokohkan dindingnya.

Harga tiket dari puthuk setumbu juga lumayan terjangkau terutama bagi wisatawan lokal. Harga yang dikenakan perkepala adalah Rp 20.000 mulai dari usia 5 tahun ke atas. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 50.000. Jam buka lokasi ini cukup panjang yaitu mulai dari 04.00 pagi hingga 17.00 sore harinya.

Hotel Manohara

Tidak dipungkiri sunrise borobudur adalah salah satu yang terbaik. Lokasi wisata yang pernah masuk ke dalam keajaiban dunia dan warisan budaya UNESCO ini memilki daya tarik yang tidak luntur oleh waktu. Bagi yang suka dengan terbitnya matahari, pengelola borobudur juga menyediakan fasilitasnya.

Hotel manohara adalah hotel yang berada di lingkup lokasi wisata. Lokasi yang strategis dipergunakan untuk menarik banyak wisatawan. Apalagi ada paket tour sunrise yang bisa dibeli oleh pengunjung. Tidak perlu menginap di dalam hotel para pemburu sunrise bisa merasakan pengalaman melihat matahari terbit di dalam pelataran candi borobudur secara lebih dekat.

Harga tiket yang dipatok hotel manohara untuk tiket sunrise saja berkisar antara Rp 100.000 - Rp 370.000 untuk wisatawan domestik. Tiket Borobudur Sunrise ini sudah termasuk entrance dari pintu VIP milik Hotel Manohara, makanan dan minuman ringan, tiket masuk borobudur di jam buka dan juga menonton dokumenter mengenai borobudur.

Bukit Barede

Tempat lain yang juga menyediakan pemandangan borobudur adalah melihatnya dari bukit barede. Lokasi wisata ini juga menyediakan pemandangan berkabut khas munculnya matahari terbit berlatar borobudur di depannya. Kualitas ciptaan tuhan terlihat sangat indah walaupun saat melihatnya tidak dalam jangkauan borobudur yang megah.

Puncak bukit ini berada di jajaran bukit Menoreh di Magelang. Jalanan yang dilewati juga tidak terlalu ekstrim dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Pengunjung yang ingin menyaksikan secara langsung bisa datang ke bukit barede. Uang masuknya juga tidak mahal hanya dikisaran kurang dari 10 ribu per orangnya.

Matahari terbit di balik borobudur bisa dinikmati dengan cara mewah atau pun murah. Jadi jangan sampai lewatkan untuk melihatnya sekali seumur hidup. Menyaksikan matahari terbit di balik Candi borobudur bisa membawa kenangan manis apalagi bersama yang terkasih.

Sumber:
https://amp.kompas.com/travel/read/2021/01/01/150300427/4-cara-menyaksikan-keindahan-sunrise-di-bodobudur
https://www.havehalalwilltravel.com/sunrise-borobudur-tour-lokasi-dan-harga
https://www.idntimes.com/travel/destination/amp/sunny-haze/berburu-sunrise-di-punthuk-setumbu-magelang-c1c2

Post a Comment

Previous Post Next Post