Menikmati Keindahan Alam di Danau Toba, Sumatera Utara!

Keindahan Alam di Danau Toba, Sumatera UtaraGambar: kemenparekraf.go.id
WANGRITAM.COM | Danau Toba merupakan sebuah danau yang terjadi karena ledakan gunung berapi purba 77.000 tahun yang lalu. Danau ini memiliki luas lebih dari 1000 km² dengan kedalaman sampai 500 meter. Danau ini masih tampak asri dan cocok untuk dijadikan tujuan wisata pada akhir pekan bersama keluarga.

{tocify} $title={Daftar Isi}

Rute Menuju Lokasi Wisata

Lokasi danau ini berada di provinsi Sumatera Utara. Pengelola tempat wisata ini tidak hanya satu kabupaten saja. Di lapangan pihak yang mengelola wilayah wisata dibagi 8 kabupaten yang mengelilingi lokasi wisata paling terkenal di Sumut. Ke-delapan kabupaten tersebut memiliki hak yang sama untuk mengembangkannya.

Kedelapan kabupaten itu adalah Kabupaten Karo, kabupaten Simalungun, kabupaten Toba, kabupaten Samosir, kabupaten Tapanuli Utara, kabupaten Humbang Hasundutan, kabupaten Samosir, kabupaten Pakpak Bharat, dan kabupaten Dairi. Untuk menuju lokasi ini sangat mudah karena banyak dilalui oleh kendaraan umum. Bagi yang berasal dari luar kota dan mengendarai pesawat untuk sampai di Sumatera Utara, bisa menumpang bis.

Biaya juga sangat murah, per orang hanya dipatok biaya Rp 10.000 saja. Wisatawan hanya perlu menaiki bis tujuan Terminal Amplas Medan jangan lupa bilang kepada kernet agar menurunkan anda di Simpang Kayu Besar. Setelah berada di Simpang Kayu Besar, wisatawan bisa naik bis Sejahtera.

Tarif bis ini kedua adalah sebesar Rp 40.000 untuk sampai di lokasi wisata Danau vulkanis ini. Perjalanan dari Kuala Namu International Airport ke Danau Toba cukup dengan membayar Rp 50.000 saja. Jika menggunakan Taksi atau mobil sewaan biaya bisa 6 hingga 7 kali lipat. Perjalanan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi karena akses dan rambu-rambu sudah terpasang dengan baik.

Daya Tarik dari Lokasi Wisata Ini

Danau yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini perlu dikunjungi sekali seumur hidup. Merupakan salah satu objek wisata unik yang sangat jarang ditemui. Danau ini merupakan salah satu danau vulkanis terbesar di dunia dengan keunikannya yaitu adanya sebuah pulau yang berada tepat di bagian tengah danau

Pulau Samosir

Menjadi bagian tak terpisahkan dari Danau Toba, pulau Samosir adalah salah satu daya tarik utama di danau vulkanis ini. Para pengunjung bisa dengan mudah mengunjungi pulau Samosir dengan menumpang kapal Ferry yang melayani rute penyebrangan ke pulau menuju pulau Samosir.

Pulau Samosir sebagian besar dihuni oleh masyarakat keturunan Batak dan masuk wilayah administratif kabupaten Samosir. Penghasilan paling utama masyarakatnya berasal dari kegiatan menangkap ikan dan pariwisatanya. Di pulau Samosir juga terdapat banyak tempat wisata lain yang juga cukup menarik.

Misalnya saja wisatawan bisa melihat proses pembuatan kain ulos dan bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Daya tarik yang lain yang cukup diminati adalah wisatawan bisa mendapat pengetahuan mengenai adat-istiadat yang ada di pulau ini. Pulau Samosir juga menyediakan sarana penginapan dan transportasi yang bisa disewa oleh pengunjung pulau. Keasrian pulau ini juga menyediakan banyak tempat wisata seperti air terjun di dalamnya.

Menikmati Danau dari Ketinggian

Jika di pulau Samosir pengunjung bisa merasakan langsung sensasi berada di atas Gunung berapi purba yang masih aktif maka menikmati danau vulkanis ini dari dataran tinggi disekitarnya juga tidak kalah ciamik.

Huta Ginjang

Jika tidak ingin berlayar menyeberangi danau dan mengunjungi pulau Samosir, wisatawan bisa melihat indahnya danau ini dari kejauhan. Cukup berkendara ke huta ginjang di kab Tapanuli Utara dari lokasi ini keindahan dari danau dari atas. Lokasi Huta Ginjang berada di ketinggian lebih dari 1.555 MDPL. Makanya ketika berkunjung kesini bisa melihat danau dengan sangat jelas.

Bagi yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan danau disarankan untuk pergi saat cuaca cerah dan siang hari. Alasannya pagi hari masih berkabut dan jika sore mendung, kabut juga melingkupi keindahan danau. Apabila berkunjung pada cuaca cerah, wisatawan yang beruntung dapat melihat sunset yang sangat cantik dari lokasi ini.

Bukit Holbung

Hobi nge-camp dan bosan dengan pemandangan hutan? Bisa banget untuk mencoba camping di bukit holbung. Disini para wisatawan disuguhi pemandangan yang luar biasa yaitu Danau yang terkenal, Toba. Pada bagian puncak bukit ini pengunjung akan leluasa untuk mengabadikan kecantikan danau atau berswafoto dengan latar belakang danau yang sangat indah.

Padang rumput yang memikat mata, danau yang menenangkan, dan cuaca yang cerah adalah paket lengkap jika berkunjung kesini. Pemandangan ini bisa bisa dijadikan latar foto yang tak ternilai harganya. Ditambah bagi yang senang melihat bintang, lokasi ini sangat cocok dijadikan star sightings saat malam hari.

Mengunjungi Danau Toba sekali seumur hidup harus menjadi salah satu tujuan wisata Anda dan keluarga. Keindahannya benar-benar menenangkan hati mereka yang berkunjung. Untuk itu perlu dijaga dan dilestarikan oleh seluruh masyarakat agar kelak anak cucu masih bisa menikmati keindahannya.

Sumber:
https://www.indonesia.travel/id/id/destinasi/sumatra/danau-toba
https://www.andalastourism.com/danau-toba

Post a Comment

Previous Post Next Post