KeindahanTaman Bunga Terbesar di Dunia, Keukenhof!

Taman-Bunga-Terbesar-di-Dunia-KeukenhofGambar: Liputan6.com
Secara istilah Keukenhof adalah kebun dapur. Bukan tanpa alasan kebun bunga ini memiliki banyak sekali varian bunga khususnya tulip yang ditanam di lokasi ini. Keukenhof sendiri adalah salah satu Taman bunga terbesar di dunia. Taman ini juga disebut Garden of Europe.

Lokasi dari Taman Bunga Keukenhof

Taman bunga Keukenhof berlokasi di negara Belanda. Salah satu negara yang berada di Benua Eropa. Taman bunga ini berada di daerah Holland selatan tepatnya di kota Lissie. Lokasi ini berada di antara kota Lissie dan Hillegom lokasi pastinya bernama Duin en Bollenstreek.

Daya Tarik dari Taman Bunga Keukenhof

Bunga tulip tidak serta merta berasal dari Holland/Belanda. Bunga ini sebenarnya berasal dari daratan Asia Tengah. Asalnya bunga ini merupakan tanaman liar yang tumbuh dan berkembang di pegunungan Pamir dan Hindu Kush. Dibawa ke Eropa oleh para imigran Turki dan menjadi populer disana. Bahkan penduduk Belanda khususnya merasa bahwa nilai estetika dan ekonomis bunga ini sangatlah tinggi.

Atas kepopuleran bunga Turki, seorang calon walikota dari kota Lissie pada tahun 1949 mulai membangun taman bunga berisi bibit tulip. Seiring berkembangnya zaman taman bunga ini semakin besar namanya. Bahkan dianggap sebagai pusat taman bunga di Eropa.

Hingga saat ini taman bunga Keukenhof sudah menanam hampir 7 juta bibit tiap tahunnya dari hampir 800 varietas dari bunga ini. Penanaman ini dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Diharapkan semua bunga tulip ini akan mekar saat musim semi tiba.

Jika berkesempatan pergi ke taman bunga ini jangan lupa untuk berpose di sekitar bunga-bunga ini. Seperti yang diketahui tanaman tulip memiliki pesona yang tidak bisa ditolak oleh mata wisatawan yang datang. Taman seluas 32 hektar akan memanjakan mata wisatawan untuk mengabadikan momen setahun sekali dengan hamparan warna bunga yang sangat indah. Tidak perlu takut menginjak atau merusak taman bunga ini, pengunjung telah disediakan hiking trails sejauh 15 km.

Pada jalur ini, pengunjung disediakan pemandangan bunga Tulip, kolam ikan, tempat istirahat sejenak (paviliun) bahkan terdapat restoran di dalam taman ini. Jadi pengunjung tidak perlu was-was ketika kelaparan, banyak sekali pilihan makanan yang bisa dipilih. Di taman bunga ini setiap tahunnya juga memiliki tema yang diangkat agar wisatawan tidak bosan saat berkunjung kesini.

Taman ini juga ramah untuk anak dan bisa dijadikan tujuan wisata sekeluarga. Bagi anak-anak pengelola taman juga memberikan aktifitas seperti berburu harta karun, playground, petting zoo dan juga bermain di labirin. Jadi anak tidak bosan saat mengunjungi taman ini bersama keluarga karena tak hanya bunga yang berada di dalamnya.

Tidak hanya berjalan saja, pengunjung juga bisa menyewa sepeda untuk mengitari taman bunga ini. Disediakan juga perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk mengitari danau-danau di lokasi ini. Fasilitas-fasilitas disini bisa digunakan pengunjung dengan harga bervariasi mulai dari €10 hingga €159.

Harga Tiket Masuk

Taman bunga terbesar di dunia ini mematok harga untuk tiket masuk sebesar € 21.50 di lokasi. Jika membeli secara online pengunjung dewasa bisa mendapatkan harga sebesar € 19.50 dan anak-anak 4-17 tahun bisa masuk dengan harga tiket €9.00 serta toddler gratis. Tiket yang dibeli tidak termasuk parkir untuk kendaraan pribadi sebesar €6.00 seharinya.

Dilokasi penjualan tiket juga memberikan penawaran untuk melakukan eksplorasi taman bunga ini dengan maksimal. Mereka menawarkan guide book yang bisa dimiliki oleh pengunjung dengan harga € 5.00. Jadi wisatawan bisa dengan nyaman berkunjung tanpa berinteraksi berlebihan dengan wisatawan lainnya.

Transportasi Dari dan Ke Keukenhof

Lokasi ini sangat mudah dijangkau menggunakan berbagai macam moda transportasi. Pemerintah Belanda dengan seksama merancang agar lokasi wisata ini mudah untuk dicapai. Bus, kereta api dari berbagai tujuan, taxi, metro, tram dan ferry bisa dengan mudah membawa pengunjung sampai ke taman bunga ini.

Jika berkeinginan untuk berkunjung ke lokasi ini bisa juga menginap di hotel yang berada di sekitarnya. Sudah pasti harga hotel lebih murah dibandingkan jika menyewa di pusat kota Amsterdam.

Apabila Anda berkeinginan datang ke taman bunga terbesar di dunia Keukenhof usahakan memilih waktu yang tepat karena taman bunga ini hanya buka setahun sekali. Tepatnya di musim semi saja. Untuk tahun 2023 taman bunga ini buka 23 Maret sampai 14 Mei dari jam 08.00 -19.30 setiap harinya.

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180429082109-269-294451/asal-muasal-bunga-tulip-sebelum-hijrah-ke-belanda
https://tulipfestivalamsterdam.com/keukenhof/#0-keukenhof-gardens-in-holland
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Keukenhof

Post a Comment

Previous Post Next Post