Daftar 10 Tempat Wisata di Palembang Yang Populer

Tempat Wisata di Palembang
Mau liburan ke kota Pempek? Tapi belum tahu tempat wisatanya apa saja dan dimana saja. Tenang, pada kesempatan ini kami akan mengulas beberapa tempat wisata di Palembang yang populer. Apa saja? simak ulasannya berikut ini.

10 tempat Wisata di Palembang

Kota Palembang merupakan wilayah strategis sebagai jalur perdagangan pada zaman dahulu karena berada tidak jauh dari pantai dan juga sungai besar yaitu Sungai musi. Tidak heran di Palembang kamu akan menemukan suasana multikultural berbagai budaya dari mulai Melayu, Arab, dan china.

Menjadi wilayah yang penuh dengan sejarah membuat kota Palembang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Berikut ini daftar tempat wisata di Palembang yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Kampung Kapitan

Ada beberapa wilayah di Kota Palembang yang sangat kental dengan budaya Tiongkok, salah satu yang populer dan banyak dikunjungi adalah Kampung Pecinan. Tetapi selain Kampung Pecinan, kamu juga bisa mengunjungi Kampung Kapitan.

Di sini merupakan wilayah yang banyak ditinggali oleh orang china zaman dahulu sehingga suasana seperti China sangat kental di wilayah ini. Setiap ornamen dibuat semirip mungkin oleh orang China zaman dahulu.

Berada di kawasan kelurahan 7 ulu kecamatan ulu 1 Palembang, kamu bisa ke sana kapan saja karena dibuka setiap hari dengan jam operasional mulai dari 9 pagi sampai dengan 5 sore. Harga tiket masuk tempat wisata bersejarah di Palembang ini hanya 5000 rupiah per orangnya.

2. Museum Balaputradeva

Ingin menikmati suasana kerajaan Sriwijaya zaman dahulu, bisa kunjungi museum Balaputradeva. Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi dari zaman pra sejarah, kerajaan Sriwijaya sampai dengan zaman Kesultanan Palembang.

Lokasinya ada di Jalan Srijaya Nomor 1, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, pengunjung yang mengunjungi museum ini bisa mendapatkan informasi sejarah sekaligus melihat koleksi arca yang berasal dari zaman megalitikum di Sumatra Selatan.

Tiket masuk tempat wisaya sejarah Palembang ini hanya Rp 2000 saja untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak Rp 1000 saja.

3. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Ingin merasakan suasana kerajaan Sriwijaya lainnya, kamu bisa pergi ke taman wisata kerajaan Sriwijaya yang terletak di sungai musi, Jalan Syakyakirti, Kelurahan Karanganyar, kecamatan Gandung.

Di Taman wisata Kerajaan Sriwijaya ini kamu bisa melihat artefak dan informasi untuk menambah wawasan. Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa melihat replica kapal dari laksamana Cheng ho dan pulau buatan biasa dijadikan spot foto favorit.

4. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah tempat makam tokoh keturunan dari Kerajaan Sriwijaya, pada zaman dahulu Bukit Siguntang merupakan tempat ibadah untuk para penganut agama Buddha di Kerajaan Sriwijaya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya arca Buddha yang dibuat dari batu granit dengan tinggi 2,7 meter. Bukit ini sering dikunjungi para pengunjung yang ingin berziarah atau dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto pre-wedding.

Tempat wisata di Palembang yang bersejarah ini terletak di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang dibuka dari pukul 7 pagi sampai dengan 4 sore. Tiket masuk ke Bukit Siguntang juga sangat murah, untuk orang dewasa dikenai biaya hanya Rp 3000 saja sedangkan untuk anak-anak hanya Rp 2000 saja.

5. Benteng Kuto Besak

Sejarah lainnya yang tertinggal di Kota Palembang juga tidak lepas dari kisah penjajahan masa kolonial Belanda. Salah satu saksi bisu sejarah penjajahan belanda adalah Benteng Kuto Besak, bangunan ini saat ini dijadikan sebagai monument untuk mengenang perjuangan kakek-nenek pejuang kemerdekaan Indonesia.

Benteng Kuto Besak terletak jauh dari Sungai Musi dibangun dari 1780 dan kini dikembangkan oleh pemerintahan Kota Palembang. Untuk masuk ke Benteng Kuto Besak, kamu hanya perlu membayar biaya masuk Rp 5000 saja.

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan ketika kamu berkunjung ke tempat wisata di Palembang yang menyimpan sejarah. Diantaranya bisa menambah wawasan baru dan lebih menghargai budaya dan perjuangan nenek moyang zaman dahulu.

6. Jembatan Ampera

Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang paling terkenal dari seluruh pelosok penjuru negeri. Mulai dari wisatawan lokal maupun manca Negara.

Apabila berkunjung ke kota Pempek tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menyempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Ampera ini adalah pada saat malam hari. Karena kamu akan disuguhkan oleh pemandangan jembatan berbalut lampu warna yang indah.

Jembatan ini diketahui telah berdiri sepanjang 1.117 m dan berada di tengah-tengah kota Palembang. Jadi jika dilihat secara dekat akan menghubungkan wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Harga tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Palembang, Sematera Selatan.

7. Air Terjun Bidadari

Tempat wisata di Palembang selanjutnya adalah air terjun Bidadari yang terletak kurang lebih 8 km dari pusat kota Palembang. Bagi kamu yang ingin pergi ke wisata alam yang masih asri tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini kamu dapat menikmati seluruh pemandangan air terjun yang indah dan hijaunya pepohonan.

Harga Tiket Masuk: Rp 5.000 untuk satu orang.
Lokasi: Karang Dalam, Penang, kota Lahat, Palembang.

8. Kambang Iwak

Tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Kambang Iwak. Tempat wisata yang satu ini terletak di pusat Kota Palembang. Tempat wisata Kambang Iwak merupakan danau yang dikelilingi pepohonan hijau nan rindang. Tempat wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mencari tempat wisata bersama keluarga.

Harga Tiket Masuk: Gratis
Lokasi: Bukit Kecil, Jl. Tasik, Talang Semut, Palembang, Sumatra Selatan.

9. Hutan Punti Kayu

Tempat wisata di Palembang selanjuntnya adalah Huntan Punti Kayu. Tempat wisata yang satu ini memiliki udara yang sejuk karena dipenuhi oleh pohon pinus yang rindang.

Harga Tiket Masuk: Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.
Alamat: Karya Baru, Jl. kolonel Burlian Km 6,5, Alang-alang lebar, Palembang, Sematera Selatan.

10. Palembang Bird Park

Palembang Bird Park ini sangat cocok untuk berwisata bersama anak-anak. Kamu bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung di tempat wisata ini.

Kamu juga dapat memberikan berbagai macam edukasi terhadap anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa memperkenalkan jenis-jenis burung. Jadi dapat dipastikan sangat disukai oleh anak-anak.

Harga tiket masuk: Rp 50.000 untuk setiap pengunjung
Lokasi: Rambutan, Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Palembang Sumatra Selatan.

Bebeberapa tempat wisata diatas wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Palembang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post